§ 1956: Jhon Bachus dan tim IBMnya menciptakan fortran dengan bahasa pemprograman tingkat tinggi.
§
1960: LISP meluncurkan model bahasa komputer untuk menulis program
tiruan.
§
1965: Orientasi bahasa benda dengan perakitan tambahan dengan simulasi,
ditulis oleh Kristen Nygaard dan Ole John Dahl.
§
1969: Bill Gates & Paul Allen menyebutnya dengan “lake side
programming group” menyetujui komputer dengan badan hukum pusat untuk mematenkan
pdp-iq software.
§
1975: Paul Allen di dalam suratnya, Bill Gates menggunakan nama
“micro-soft” menyerahkan kepada rekan kerja nya.untuk cepat-cepat menuliskan
tentang referensinya.
§
1976: Untuk pertama kalinya microsoft di kembangkan, mereka menyebutnya
dengan “the legend of micro-kid”.
§
1977: Pemerintahan US mengadopsi data standar IBM, untuk membuka kode
kunci pesan dan ntuk melindungi rahasia agensi mereka.
§
1978: Microsoft mengumumkan produk ketiganya, MICROSOTF COBOL-80 dijual
seharga 1 juta dolar US.
§
1979: Micosoft mengumumkan, MICROSOFT BASIC untuk 8086 16 bit
micropocessors.
§
1981: IBM memperkenalkan personal computer dengan penggunaan Microsoft
19 bit operting system,MS DOS 1.0,plus Microsoft BASIC,COBOL,PASCAL,dan produk
Microsoft lainnya.
§
1983: Microsoft memperkenalkan word processing program,Microsoft word
for MS DOS 1.00 .
§
1989:Maxis memproduksi video game ,dengan kelas baru untuk pendidikan
dan hiburan.
§
1995: Windows 95 ships.
§
1997: Deep blue defeats world chess champion.
§
1998: Windows 98
§
2000: Windows 2000
§
2001: Windows XP
§
2006: Windows Vista
System perangkat lunak
Perangkat
keras computer tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila
instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi
tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat
lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras
computer.
Perangkat
keras computer mempunyai beberapa kegunaan yang sudah di bentuk dan di pasang
di dalamnya untuk dapat menanggapi instruksi-instruksi yang diberikan. Apabila
seseorang harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan
perangkat keras terlebih dahulu, akan sangat sulit karena harus di ketahui
secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan. Kesulitan akan
semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai karakteristik dan
cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan perangkat lunak yang juga
berbeda . Untuk mengatasi hal ini,maka di buatlah suatu perangkat lunak yang di
sebut dengan system operasi (operating system/OS)
Klasifikasi
perangkat lunak
Perangkat
lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system
dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak system dapat dibagi lagi
menjadi 3 macam yaitu:
1.
Bahasa Pemrograman: merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur&algoritma yang di rancang manusia ke dalam
format yang dapat dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman: BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRAN.
2.
System Operasi: saat computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah
yang pertama kali dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh system operasi:
DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3.
Utility: system operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi
tertentu, misalnya pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting),
memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi,defrag), contoh utility adalah Norton utility
Hubungan
antar perangkat keras dan perangkat lunak dapat digambarkan sbb:
User
– Aplication software – Language software – Operating system – Hardware
System
operasi
System
operasi merupakan system perangkat lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang
berfungsi sebagai antarmuka (interface) antara perangkat keras dan instruksi
yang ditulis oleh pemakai(user). Sistem operasi akan mengatur semua system
operasi dari perangkat keras computer. Sebagai contoh pemakai computer hanya
menuliskan perintah DIR untuk menampilkan isi direktori ke layar tanpa harus
mengetahui bagaimana perangkat keras tersebut melakukannya, karena tugas
tersebut dilakukan oleh system operasi.
System
operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC
yang umum adalah kompatibel dengan produk awal IBM dan Manchitos. PC Manchitos
perangkat lunaknya dikembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga
perkembangannya tidak sepesat clonnig IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM
saat ini secara umum terbagi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh
Microsoft dan bersifat freeware, yang dikembangkan oleh peneliti seluruh dunia
karena bersifat open source yaitu bahan baku pembuatnya dapat dibaca, sehingga
hasilnya dapat ditambah atau di modifikasi setiap orang.
Sementara
interaksi antara pengguna dan computer di kenal melalui 2 cara, cara yang
pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara
ke dua yaitu tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.
Interpreter
menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer
membaca instruksi selanjutnya, sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun
file exe. Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Perangkat
lunak bahasa merupakan program khusus yang sudah dibuat oleh pabrik computer
atau perusahaan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan program
aplikasi. Program ini berfungsi sebgagai penterjemah program yang ditulis
dengan bahasa pemprograman computer menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti
oleh computer. Bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia, maka pembuat
program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang berbentuk
bilangan biner, dan hal ini sangat sulit dan rumit.
Perangkat
lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1.
Assembler(perakit): merupakan program yang digunakan
untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan
(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan
bahasa simbolik, masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk
bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan
mnemonic. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program
sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin
disebut dengan program objek (object program=OBJ). Proses pembuatan program
obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar keslahan-kesalahan
sintaks (jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan
terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau
penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa
mesin, tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
- Mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam cpu.
- Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan
- Mengetahui fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.
Untuk
mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan
pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi (high level language),
misalnya basic, fortran, pascal c, dsb. Program yang di tulis dengan bahasa
tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di
mengerti oleh komputer. Penerjemah ini dapat berupa kompilator atau
interpreter.
2.
Compiler: menterjemahkan setiap instruksi
didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan
program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. Contoh
perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal, c, dan masih banyak lagi.
3.
Interpreter: menterjemahkan instruksi satu
persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi
selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Contoh
untuk ini adalah:basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Perangkat
lunak aplikasi
Sistem
operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan
permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer.
Program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi
tertentu di sebut program aplikasi atau program paket. Ada dua cara untuk bisa
mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan
sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Saat
ini banyak sekali program-program aplikasi yang tersedia di pasaran.
Program-program ini dapat diandalkan, dapat memenuhi kebutuhan pemakai,
dirancang dengan baik, relatif bebas dari kesalahan, mudah digunakan (user
friendly), mempunyai dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang
baik. Program-program paket ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah
umum seperti membuat dokumen (word star, microsoft word), membuat slide presentasi
(ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar (adobe
photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang sifatnya
khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket program yang sesuai untuk
digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi sendiri,
misalnya program sistem SKS universitas, program sistem keuangan perusahaan,
dll.
0 komentar:
Posting Komentar